Rabu, 24 September 2014

Keunggulan dan Perkembangan Bidang Farmasi









Keunggulan dan Perkembangan Bidang Farmasi


Farmasi dalam bahasa Inggris: pharmacy, bahasa Yunani: pharmacon, yang memiliki arti: obat yang merupakan kombinasi dari ilmu kesehatan dan ilmu kimia Ruang lingkup dari praktik farmasi termasuk praktik farmasi tradisional seperti peracikan dan penyediaan sediaan obat, serta pelayanan farmasi modern yang berhubungan dengan layanan terhadap pasien.

 Kata Farmasis (apoteker) merupakan gelar profesional dengan keahlian di bidang farmasi. Farmasis dapat bertugas di institusi-institusi baik pemerintahan maupun swasta seperti badan pengawas obat/makanan, rumah sakit, industri farmasi, industri obat tradisional, apotek, dan di berbagai sarana kesehatan.

  • Keunggulan bidang farmasi

1. Farmasi adalah ilmu kesehatan yang mempelajari berbagai bidang. mulai dari aspek kesehatan pada manusia itu sendiri sampai bahan-bahan apa saja yang dapat mempengaruhi fungsi tubuh manusia.
2. Farmasi tidak hanya mempelajari obat dan penyakit, tetapi berkecimpung dalam hal kosmetika dan makanan.
3. Dengan ilmu farmasi, kita bisa waspada dengan apa saja yang bisa kita konsumsi. Setidaknya kita tahu masalah yang terkait dengan kebutuhan pokok manusia.
4.Belajar farmasis dapat mengetahui benda berbahaya menjadi sesuatu yang bermanfaat.
5. Lapangan kerja farmasi bisa di Industri, Rumah Sakit, Apotek, Lembaga diagnostik, BPOM, LPP
 POM, dinas kesehatan, Universitas, dan masih banyak lagi. Bisa juga menjadi konsultan.


  • Perkembangan Bidang Kefarmasian

Pelayanan kefarmasian telah berkembang selain berorientasi kepada produk(product oriented)juga berorientasi kepada pasien(patient oriented)seiring dengan peningkatan kesadaran masyarakat akan pentingnya kesehatan menyebabkan peningkatan dalam konsumsiobat terutama obat bebas, kosmetik, kosmeseutikal, health food, nutraseutikal dan obatherbal
farmasis sebagai partner dokter juga  memacu farmasis untuk menguasai lebih mendalam ilmu farmakologi klinis dan farmakoterapi serta ilmu farmasi sosial dan komunikasi tugas farmasis juga  sebagai penanggung jawab pengadaan obat diapotek, rumah sakit, pedagang besar farmasi, puskesmas dan harus menguasai farmako ekonomi


Tidak ada komentar:

Posting Komentar